proposal kegiatan PKL


PRAKTEK KERJA LAPANGAN ( PKL)

1.      PENDAHULUAN

1.1   Latar Belakang

 Perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi pada era globalisasi sangat cepat. Dengan semakin banyaknya pertumbuhan usaha menyebabkan persaingan semakin pesat dan ketat. Pesatnya persaingan usaha tersebut, menjadikan tuntutan bagi mahasiswa sebagai salah satu sumber daya manusia untuk meningkatkan daya intelektualitas serta diikuti langkah profesionalitas agar dapat berperan aktif dalam persaingan. Kebutuhan pengetahuan dan pengalaman digunkan sebagai tolak ukur dalam menghadai persaingan usaha. Penerapan ilmu dalam kegiatan praktek secara langsung digunakan untuk menambah pengalaman yang diperoleh saat kegiatan belajar mengajar.

Praktek kerja lapangan (PKL ) merupakan slaah satu program yang tercantum dalam kurikulum Jurusan Manajemen Informatika Universitas Komputer Indonesia. Program tersebut merupakan salah satu prasyarat kelulusan mahasiswa Jurusan Manajemen Informatika Universitas Komputer Indonesia.

Praktek kerja lapangan ini juga merupakan bagian pendidikan yang menyangkut proses belajar berdasarkan pengalaman diluar system belajar mengajar. Mahasiswa secara perorangan dipersiapkan untuk mendapatkan pengalaman atau keterampilan khusus dari keadaan nyata di lapangan dalam bidangnya masing-masing.

Dalam pengalaman tersebut diharapkkan mahasiswa akan memperoleh keterampilan yang tidak semata-mata bersifat psikomotorik akan tetapi, skil yang meliputi keterampilan fisik, intelektual, social dan manajerial. Dalam kegiatan praktek kerja lapangan (PKL ) ini, para mahasiswa dipersiapkan untuk mengerjakan serangakaian tugas keseharian di tempat kerja tersebut yang menunjang keterampilan akademis yang telah di peroleh di bangku kuliah yang menghubungkan pengetahuan akademis dengan keterampilan.

Perum PEGADAIAN  merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa dan merupakan salah satu BUMN yang tersebar diseluruh Indonesia. Agar dapat terus mempertahankan posisinya, Perum PEGADAIAN ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai serta didukung oleh karyawan yang terampil dan terlatih. Sarana dan prasarana yang digunakan sudah mengadopsi kemajuan teknologi pada saat ini, sehingga efisiensi proses pelayanan terhadap nasabah dan masyarakat yang membutuhkan jasa Perum PEGADAIAN dapat selalu terjaga kualitas pelayanannya.

Berdasarkan hal diatas maka dibutuhkan suatu pembelajaran yang mampu menunjang dan membimbing mahasiswa, untuk mendapatkan materi pembelajaran di lapangan. Dengan demikian Perum PEGADAIAN merupakan pilihan yang tepat sebagai tempat praktek kerja lapangan bagi mahasiswa Manajemen Informatika.

Setelah mengamati dan mempertimbangkan arah penyusunan PKL  yang akan ditempuh, maka kami bermaksud mengadakan praktek kerja di Perum PEGADAIAN, khususnya dalam bidang analisis system informasi dan system bisnis Manajemen Informatika.

1.2   Tujuan dan Manfaat

1.2.1          Tujuan Umum dan Manfaat

Tujuan umum penyelenggaraan kegiatan PKL yang dilakukan di Perum PEGADAIAN mempunyai tujuan ganda bagi mahasiswa, institusi pendidikan ( Universitas Komputer Indonesia ) dan bagi instansi tempat mahasiswa melakukan praktek kerja.

a)   Tujuan dan Manfaat Bagi Mahasiswa

  1. Menambah wawasan mahasiswa terhadap masalah masalah yang terjadi di luar bangku kuliah yang dapat ditemukan di lokasi PKL.
  2. Menyiapkan mahasiswa sehingga lebih memahami kondisi pekerjaan sesungguhnya.
  3. Melatih mahasiswa untuk berfikir kritis pada perbedaan metode-metode pekerjaan antara teoritis dan praktek kerja di lapangan.
  4. Memberikan kesempatan untuk mempelajari keterampilan dan pengetahuan baru melalui kegiatan kerjasama dengan para pakar yang telah berpengalaman di lapangan.
  5. Memeperoleh kesempatan untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh di jurusan Manajemen Informatika Universitas Komputer Indonesia.

b)      Tujuan dan Manfaat Bagi Universitas Komputer Indonesia

  1. Mendapatkan umpan balik dari lapangan mengenai isi materi yang telah diberikan di bangku kuliah.
  2. Memperoleh masukan tentang masalah-masalah di tempat praktek kerja lapangan.
  3. Dapat menjembatani penelitian dengan lembaga penelitian Universitas Komputer Indonesia.

c)       Tujuan dan Manfaat Bagi Instansi yang Bersangkutan

  1. Memperoleh masukan yang dapat membantu penyelesaian studi kasus di lapangan sesuai dengan konsentrasi yang ditempuh.
  2. Memperoleh informasi dan masukan baru mengenai  layanan yang sedang dikembangkan.

 

1.2.2          Tujuan Khusus

  1. Mengaplikasikan ilmu dan teori sesuai dengan konsentrasi peserta PKL.
  2. Mengaplikasika ilmu teoritis tentang pekerjaan di dunia kerja atau melakukan serangkaian keterampilan yang sesuai dengan jurusan yang diambil di bangku kuliah dan analisis datanya pada kondisi tempat praktek kerja.
  3. Diharapkan setelah pasca praktek kerja peserta dan perusahaan terjadi hubungan timbale balik yang baik sehingga nantinya peserta dapat direkrut sebagai karyawan.

 

II. PELAKSANAAN PROGRAM

2.1   Waktu pelaksanaan

Pelaksanaan kegiatan PKL dilaksanakan pada periode bulan JUli 2010 di Perum PEGADAIAN.

2.2   Kegiatan Pelaksanaan PKL

  1. Program PKL  Jurusan Manajemen Informatika Universitas Komputer Indonesia ini dapat dilaksanakan setiap tahun setelah mahasiswa mengumpulkan minimum 115 ( seratus lima belas )sks dengan IPK diatas 2.75.
  2. Dalam pelaksanaan PKL ini dibagi dalam beberapa kegiatan antara lain :
    1. Pengarahan pelaksanaan PKL oleh dosen pembimbing
    2. Pelaksanaan kegiatan PKL di lapangan atau perusahaan.
    3. Pembuatan laporan PKL beserta bimbingan laporan.
    4. Penyerahan laporan PKL.
    5. Pada proses pelaksanaan PKL di lapangan maka pihak perusahaan mempunyai wewenang penuh terhadap proses pendidikan mahasiswa terutama penyerapan pengetahuan aplikatip di perusahaan.
    6. Setelah pelaksanaan PKL di lapangan selesai mahasiswa di wajibkan membuat laporan PKL yang dibimbing oleh dosen yang ditunjuk oleh jurusan Manajemen Informatika UNIKOM dan pembimbing lapangan yang ditunjuk oleh Perum PEGADAIAN.
    7. Penilaian PKL terdiri dari dua unsure yaitu penilaian dilapangan dari perusahaan dan penilaian laporan PKL oleh dosen pembimbing.

2.3   Metode PKL

Dalam pelaksanaan praktek kerja lapangan ini digunakan dua metode dalam pengumpulan. Adapun metode praktek yang digunakan ini adalah sbb:

  1. Metode penelitian keperpustakaan

Adalah suatu metode yang digunakan dalam mendapatkan data dengan jalan studi literature di perpustakaan serta dengan membaca sumber-sumber data informasi lainnya yang berhubungan dengan pembahasan. Sehingga dengan penelitian kepustakaan ini diperoleh secara teori mengenai permasalahan yang di bahas.

  1. Metode penelitian lapangan

Metode ini digunakan dalam pengumpulan data, dimana penyelidik secara langsung terjun pada proyek penelitian, sedangkan  cara lain yang dipakai dalam metode ini adalah :

  1. Interview, yaitu suatu metode yang digunakan dalam mendapatkan data dengan jalan mengajukan pertanyaan sevara langsung pada saat perusahaan mengadakan suatu kegiatan.
  2. Observasi, yaitu suatu metode dalam memperoleh data, dengan mengadakan pengamatan langsung terhadap keadaan yang sebenarnya dalam perusahaan.

 

2.4   Data-data yang diperlukan

Data-data yang dibutuhkan dalam PKL antara lain :

  1. Data-data yang berhubungan dengan bidang analisis system informasi manajemen dari mahasiswa.
  2. Data-data yang berhubungan dengan mekanisme analisis system informasi manajemen.

 

2.5    Pelaksanaan Pembimbingan

Pelaksanaan pembimbingan praktek kerja lapangan akan dilaksanakan oleh :

  1. Pembimbing dari perisahaan setempat yang diharapkan dapat  :
  2. Mengarahkan dan mengawasi pelaksanaan kerja mahasiswa.
  3. Menandatangani buku kerja atau hasil kerja mahasiswa.
  4. Mengadakan penilaian mahasiswa dalam hal :

v  Disiplin kerja, kerja sama, dan kreativitas mahasiswa.

v  Penguasaan atau keterampilan (ketepatan langkah dan kecermatan), penguasaan alat dan bahan,ketelitian dan keselamatan kerja.

  1. Menjalin komunikasi dalam menyampaikan penilaian pada pembimbing  pada saat kegiataan berlangsung.
  2. Dosen pembimbing atau staf pengajar yang ditunjuk oleh jurusan manajemen informatika Universitas komputer Indonesia yang bertugas membimbing mahasiswa dari awal keberangkatan sampai penilaian akhir kegiatan PKL. Dosen pembimbing yang ditugaskan harus dapat :
    1. Melakukan persiapan atau pembekalan sebelum pemberangkatan mahasiswa.
    2. Membimbing dan bertanggung jawab terhadap seluruh kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa.
    3. Melakukan supervisi pelaksanaan PKL dan menjalin komunikasi  dengan pembimbing lapangan. Pada saat supervise tersebut, dosen pembimbing ditugaskan untuk :
      1. Melakukan konfirmasi hasil penelitian  oleh pembimbing lapangan.
      2. Melakukan penelitian hasil kerja mahasiswa ,dalam hal :

–                 Objektifitas lembar isian hasil kerja mahasiswa.

–                 Perilaku mahasiswa.

  1. Melaporkan hasil supervisi pada panitia PKL jurusan Manajemen Informatika Universitas Komputer Indonesia.
  2. Materi  kegiatan PKL yang diusulkan

Mahasiswa diwajibkan hadir sesuai jadwal/jam kerja yang berlaku di perusahaan. Kehadiran mahasiswa disahkan oleh pembimbing lapangan dengan bukti tanda tangan atau paraf pada buku kegiatan.

 III.PENUTUP

                Untuk menunjang pelaksanaan praktek kerja lapangan (PKL) Jurusan Manajemen Informatika Universitas Komputer Indonesia ini,diharapkan pihak-pihak yang terkait di lingkungan jurusan Manajemen Informatika Universitas Komputer Indonesia maupun pihak instansi yang ditempati kerja praktek mahasiswa pada khususnya, dapat membantu dalam memberikan izin pada pelaksanaan PKL.

                Demikian proposal kegiatan yang kami susun. Kami berharap dengan praktek kerja nanti akan didapatkan data-data dari suatu permasalahan yang bisa kami angkat sebagai tema penyusunan laporan praktek kerja. Besar harapan kami untuk mendapatkan dukungan dan bantuan dari semua pihak. Dan atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.

 

Lampiran

Secara garis besar, format laporan adalah sebagai berikut :

Halaman Judul

Lembar Persetujuan

Kata Pengantar

Daftar Isi

BAB I. PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Kerja Praktek

1.2. Maksud dan Tujuan Kerja Praktek

1.3. Metode Kerja Praktek

BAB II. TINJAUAN UMUM PERUSAHAAN

2.1. Sejarah Perusahaan

2.2. Struktur organisasi

2.3. Proses Bisnis

2.4. Penjelasan Fungsi dan aktifitas pada tiap divisi

BAB III. PROSES PELAYANAN DAN HASIL

3.1. Pengertian dari proses pelayanan

3.2. Diagram alir data proses pelayanan

3.3. Softwere dan hardwere yang digunakan

3.4. Produk Jasa layanan

BAB IV. STUDI KASUS

4.1.Latar Belakang Masalah

4.2.Landasan Teori

4.3.Data dan pengolahan data

4.4.pembahasan

BAB V. PENUTUP

5.1.KESIMPULAN

5.2.SARAN

DAFTAR PUSTAKA

Tentang niesha30

anak pertama dari 2 bersaudara yang pasti :)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

4 Balasan ke proposal kegiatan PKL

  1. susandi berkata:

    koq g lbh lgkp?
    tp boleh ar
    ckp membantu fren2 yg laen jg
    THANK’S

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s